Berikut Tips atau Kiat Punya Hunian atau Properti Tahun 2024

news image

Memiliki hunian idaman memang seringkali menjadi mimpi banyak orang. Siapa sangka? Tahun 2024 ini bisa jadi tahun bagi Anda untuk memilikinya. Membeli hunian tentu memerlukan berbagai pertimbangan, termasuk biaya dan lokasi agar sesuai dengan preferensi Anda. Melalui artikel ini, Anda diajak untuk mengetahui kiat-kiat agar segera memiliki hunian di tahun 2024!

Baca Juga: Kenali Apa Itu Slowcation, Liburan yang Lagi Trend 2024

Membuat Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan tentu menjadi hal yang krusial dan perlu dipikirkan secara matang. Anda dapat melakukan perhitungan serta pembagian anggaran yang akan digunakan ketika membeli suatu hunian. Buatlah anggaran dengan memprioritaskan pembelian rumah dan konsisten untuk menyisihkan pendapatan Anda dalam bentuk tabungan agar mewujudkan impian memiliki hunian tahun ini.

Riset Informasi Penggunaan KPR

news image

KPR merupakan fasilitas kredit yang diberikan kepada masyarakat oleh perbankan yang ingin membeli atau memperbaiki rumah. KPR juga sering disebut sebagai salah satu metode melakukan cicilan rumah. Proses melakukan KPR dilakukan dengan mencicil rumah dalam jangka waktu dan jumlah bunga tertentu, sesuai dengan fasilitas yang disediakan bank maupun pemerintah.

Terdapat sejumlah persyaratan yang akan diajukan kepada calon nasabah yang ingin mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan hal tersebut disesuaikan dengan pilihan fasilitas oleh bank. Ketika mempersiapkan diri untuk membeli hunian, Anda perlu melakukan riset informasi mengenai KPR yang akan Anda gunakan sekaligus bank yang menawarkannya. Dengan begitu, Anda mengetahui persyaratan, bunga, jangka waktu, hingga DP yang diperlukan untuk melakukan KPR.

Baca Juga: Kenali Istilah-Istilah Penting dalam Properti yang Wajib Anda Ketahui

Mempertimbangkan Lokasi, Harga, dan Aksesibilitas

news image

Memiliki rumah atau hunian dengan lokasi yang strategis dan harga yang sesuai akan menguntungkan Anda dalam banyak hal. Pemilihan lokasi ini juga harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda, termasuk akses ke fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit, pusat perbelanjaan, dan transportasi. 

Selain memilih lokasi dan harga yang sesuai dengan kebutuhan Anda, periksalah kondisi lingkungan sekitar rumah yang akan Anda beli. Beberapa hal yang bisa periksa atau cek, yakni kualitas bangunan, kondisi halaman, kualitas bahan yang digunakan maupun perumahan yang berada di lingkungan sekitar. Pastikan kondisi lingkungan sekitar memenuhi kebutuhan dan kenyamanan Anda.

Mengetahui Spesifikasi Hunian yang Akan Dibeli

Sebelum melakukan pembelian rumah atau hunian, mempertimbangkan tipe dan jenis rumah merupakan hal yang perlu Anda lakukan. Rumah baru atau second (bekas) tentu memerlukan perlakuan yang juga berbeda. Misalnya, rumah baru memiliki berbagai fasilitas modern maupun terkini, namun umumnya menawarkan harga yang juga lebih tinggi. Sedangkan, jika Anda tertarik membeli rumah bekas atau second, mungkin terdapat biaya renovasi, namun umumnya harga yang ditawarkan lebih terjangkau. 

Jenis dan konsep rumah juga perlu dipertimbangkan seperti open space, minimalis, dan sebagainya.

Discover more articles like this