Transformasi Kota Pintar

Perkembangan dunia hunian di Indonesia ternyata tak lepas dari sentuhan teknologi. Saat ini, pembangunan memang harus diselaraskan dengan perkembangan teknologi digital. 

Bekerja sama dengan PT Kresna Graha Investama Tbk, Sinar Mas Land melalui anak perusahaannya, Digital Artha Media (DAM), membumikan digital di kawasan hunian dan perkantoran di Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten. Salah satu caranyanya dengan menerapkan Integrated Smart Digital City atau satelit city di kawasan tersebut. 

Bentuk program tersebut hadir dengan mengembangkan platform digital yang terintegrasi. "Pengembangan aplikasi ini akan memberikan informasi dan kemudahan bagi penduduk di kawasan BSD," kata Chief Executive Officer (CEO) Sinar Mas Land Group Michael Widjaja dalam acara penandatanganan memorandum of understanding (MoU) proyek aplikasi smart city, Jumat (4/3), di Jakarta. 

Kemudahan tersebut, lanjut Michael, akan mendukung berbagai aktivitas warga. Mulai dari, bangun tidur hingga kembali beristirahat setiap harinya. 

Aplikasi ini mendukung pula kegiatan e-wallet, platform komunitas, loyalty programs, hingga aktivitas bisnis. Konsep smart city terintegrasi ini menyatukan tiga unsur kehidupan manusia, yakni kehidupan sosial, lingkungan, dan ekonomi. 

Apabila ketiganya saling bersinergi tentu akan memperoleh hasil maksimal dalam kehidupan manusia. "Kami bukan sekadar memasang aplikasi, tapi lebih dari hal tersebut," kata Chief Technology Officer (CTO) Digital Artha Media (DAM) Izak Jenie. 

Menurutnya, aplikasi ini akan memberikan beragam servis, di antaranya, smart traffic, one stop online shopping, hingga payment gateway berbentuk uang digital. Smart traffic bisa membantu warga memantau lalu lintas BSD City melalui perangkatnya. 

Misalnya, ingin mengetahui kemacetan atau transportasi umum. Informasi akan diberikan dalam bentuk real time terhadap kondisi tersebut.

Aplikasi ini juga dapat memberikan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan rumah. Misalnya, ketika penghuni berbelanja online untuk memenudi kebutuhan dapur dan lemari. 

Bahkan, para ibu rumah tangga juga bisa membeli galon air minum tanpa harus datang ke supermaket atau pasar. Tak hanya terbatas pada kebutuhan sehari-hari, para penghuni di kawasan ini juga bisa memenuhi berbagai kebutuhan kulinernya tanpa harus beranjak. 

Untuk pembayaran, Sinar Mas bekerja sama dengan layanan e-cash dari Bank Mandiri yang akan mempermudah alur transaksi keuangan. 

Kota Satelit BSD saat ini masih melakukan tahap finishing. Pihak BSD City dan Kresna Graha Investama juga masih belum menentukan nama aplikasi tersebut. 

Rencananya, aplikasi ini sudah bisa dipakai setelah Idul Fitri tahun ini. Pada kuartal ketiga tahun ini, berbagai pelayanan yang tersedia, mulai dari cachless bill payment, food order, handyman order, transportasi, dan pembelian tiket untuk acara-acara di kawasan sekitar. "Selama ini, sering terdapat berbagai event yang digelar di sini, itu sebabnya kami menyediakan jasa pembelian tiket online," lanjut Izak. Salah satu acara terbesarnya adalah pameran mobil internasional akan berlangsung di International Convention Exhibition (ICE) BSD City.

Konsep aplikasi ini serupa dengan pelayanan yang ditawarkan platform Go-Jek. Masayarakat bisa memesan makanan hingga jasa tukang kebun ke rumah sehingga tidak perlu repot mencari. 

Sementara, pada kuartal pertama tahun depan, aplikasi akan siap melayani sejumlah pelayanan hiburan lokal, belanja online di supermarket, dan toko lainnya. Penerapannya akan dilakukan di beberapa cluster perumahan dan perkantoran terlebih dahulu, kemudian baru diselenggarakan secara menyeluruh. 

"Kami juga sudah bekerja sama dengan perusahaan penyedia layanan operator terkait koneksi internet cepat," lanjut Izak. Sebab, smart city tidak akan berhasil tanpa adanya koneksi internet cepat. 

Masyarakat juga bisa menikmati layanan internet gratis di beberapa titik di BSD City. Di antaranya, pada beberapa tempat yang memang berfungsi sebagai fasilitas publik. 

Proyek kerja sama ini juga mengedepakan keamanan bagi penggunanya karena melayani jasa transaksi online. Itu sebabnya semua data transaksi dan aktivitas online tersimpan dalam Cloud khusus di sebuah data center. 

Bagi masyarakat yang berada di luar BSD City, tak ketinggalan bisa juga memanfaatkan aplikasi ini. Salah satunya untuk mengetahui rute ke beberapa lokasi mal dan lain sebagainya. rep: Nora Azizah, 

ed: Setyanavidita Livikacansera

Promo Kado Spesial untuk yang Tersayang

Discover more articles like this