Sinar Mas Land Manfaatkan Teknologi AI untuk Manjakan Pengunjung

news image

BSD City, 16 November 2023 – Teknologi Artificial Intelligence (AI) yang berkembang pesat secara global berdampak besar bagi seluruh sektor industri, termasuk salah satunya properti. AI mampu menjadi katalis pergeseran paradigma, sehingga membuat perusahaan properti bertransformasi karena pengaruhnya yang besar dalam pergerakan bisnis secara keseluruhan. Sinar Mas Land sangat menyadari hal tersebut dan kini menjadi salah satu pionir melalui pemanfaatan potensi teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk berinovasi dalam bidang-bidang seperti manajemen properti, konstruksi, keberlanjutan, dan pengalaman pelanggan.

Baca juga: JETRO serta Living Lab Venture Bangun Japanese Incubation Center di BSD City

Acara Tech Media Workshop dengan Tema Transforming Property With Generative AI

Dalam gelaran acara Tech Media Workshop yang bertema “Transforming Property with Generative AI” pada Kamis (16/11) di Auditorium GOP 9, BSD City, Sinar Mas Land menyatakan komitmen yang kuat dalam pemanfaatan teknologi AI, salah satunya dengan melibatkan berbagai global tech giant seperti Microsoft Indonesia, NTT Global, dan lainnya dalam perjalanan transformasi digital perusahaan. Acara tersebut menghadirkan Yanto Suryawan (Senior Vice President of Ecosystem Acquisition & Partnership Sinar Mas Land), Mulyawan Gani (Chief Transformation Officer Sinar Mas Land), dan Bayu Seto (Partner Living Lab Ventures).

news image

Chief Transformation Officer Sinar Mas Land, Mulyawan Gani mengatakan, “Sinar Mas Land sangat serius menjadikan BSD City sebagai integrated smart and digital city dengan memanfaatkan potensi teknologi Artificial Intelligence (AI). Salah satu wujud nyata inovasi tersebut adalah kolaborasi kami dengan Microsoft lewat integrasi teknologi chatbot yang mengimplementasikan Microsoft Azure OpenAI Service dan Azure Cognitive Search untuk menghadirkan fitur 'Tanya' dalam aplikasi OneSmile. Ibarat sebuah city guide, pengguna dapat bertanya mengenai tempat hangout, restoran, atau cafe di BSD City dan mendapatkan rekomendasi yang sesuai. Fitur ini terbukti sangat berguna untuk meningkatkan pengalaman pengunjung, maupun penghuni di BSD City.”

Tak hanya penerapan teknologi AI di dalam bisnis Sinar Mas Land, Microsoft juga memberikan dukungan kepada corporate venture Sinar Mas Land yaitu Living Lab Ventures melalui program Startup Founders Hub. Dalam program ini, sebanyak 27 startup naungan LLV dapat mengakses berbagai macam aplikasi yang canggih, mulai dari platform cloud yang terpercaya, aman, dan open-source friendly. Microsoft juga menyediakan alat produktivitas terbaik bagi para tech developer, seperti GitHub Enterprise, Engineer Visual Studio Enterprise, Power Platform, Microsoft 365, Dynamics 365, hingga akses ke OpenAI. Melalui pemanfaatan teknologi tersebut diharapkan startup dibawah naungan LLV dapat menciptakan sejumlah inovasi baru, sehingga dapat mempercepat proses BSD City sebagai smart city yang terdepan di Tanah Air.

news image

Sinar Mas Land Mengembangkan Digital Hub

Sinar Mas Land juga mengembangkan Digital Hub, sebuah kawasan seluas 26 hektare di BSD City yang didedikasikan untuk komunitas, institusi pendidikan, startup dan perusahaan multinasional di bidang teknologi digital dan kreatif. Animo positif didapatkan dari berbagai pihak dalam pengembangan ekosistem yang telah menjadi rumah bagi lebih dari 38 dari perusahaan terkemuka seperti Traveloka, Unilever, NTT, Grab, dan Apple.

CEO Digital Tech Ecosystem and Development Sinar Mas Land, Irawan Harahap menyampaikan, “Sinar Mas Land berupaya membangun masa depan yang lebih baik melalui transformasi BSD City dengan memilih mitra terbaik, karena Microsoft yang telah diakui keunggulannya dari sisi pengembangan teknologi cloud dan AI. Hal ini diaplikasikan dalam pembangunan gedung di kawasan Digital Hub BSD City yang memanfaatkan Azure Digital Twins, guna mengotomasi berbagai sistem manajemen proyek konstruksi gedung yang tengah berlangsung. Seterusnya, kami terbuka mengundang berbagai mitra-mitra global tech lainnya untuk menjadikan Digital Hub BSD City ini sebagai ekosistem yang kolaboratif bagi penerapan teknologi terbaru.”

news image

Sejak tahun 2016 Sinar Mas Land melalui BSD City telah melakukan transformasi digital untuk memberikan pelayanan dan produk terbaik bagi masyarakat. Dari segi infrastruktur, perusahaan menerapkan penyediaan jaringan fiber optic, pengawasan lalu lintas melalui traffic command center, hingga kemudahan mobilitas masyarakat dari dan menuju BSD City melalui penyediaan sarana transportasi publik yang terintegrasi.

Promo Kado Spesial untuk yang Tersayang

Discover more articles like this