Mudik

Sinar Mas Land Gelar Diseminasi Pengembangan Sekolah Berhati di Tangerang

BSD City, 18 Agustus 2022 – Dalam rangka membangun ekosistem pendidikan untuk sumber daya manusia yang berkualitas, Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk menyelenggarakan diseminasi implementasi Sekolah Berhati. Program ini diinisiasi sebagai pendukung dari pelaksanaan kurikulum Merdeka Belajar melalui penciptaan karakter seluruh warga sekolah untuk peduli terhadap lingkungan. Diseminasi Sekolah Berhati ini merupakan kegiatan tindak lanjut dari workshop atau pelatihan Training of Trainer (ToT) bagi para pendidik. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan sejak 25 Juli-5 Agustus 2022 pada empat titik lokasi yang berada di wilayah Kabupaten Tangerang yakni SMK Islam Insan Mulia, Yayasan Bina Insan Kamil, SMP Negeri 02 Curug, dan GSG Diklat Pemda Kitri Bakti Gemilang.

Baca Juga : Sinar Mas Land, LLV & Microsoft Kolaborasi Akselerasi Startup Digital

Diseminasi Sekolah Berhati merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan di bidang pendidikan. Pelatihan diseminasi diikuti 500 tenaga pendidik mulai dari pengawas, kepala sekolah, dan guru setingkat SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MI yang berada di wilayah Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang. Acara ini turut dihadiri oleh Syaifullah (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tangerang), Wahyu (Kepala Bidang Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Tangerang), Ilyas (Kepala Bidang Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tangerang), dan Bukhari (Kepala Sub-Bidang Bendahara, Badan Perencanaan, dan Pembangunan Daerah Kabupaten Tangerang).

news image

Managing Director President Office Sinar Mas Land – Dony Martadisata mengatakan, “Sekolah Berhati dikembangkan untuk membudayakan nilai-nilai berkarakter hijau, sehat dan inovatif yang selaras dengan kurikulum Merdeka Belajar dari pemerintah guna mengoptimalkan mutu pendidikan di Indonesia. Platform Sekolah Berhati ini bertujuan untuk mengubah pola pikir dan kebiasaan perilaku warga sekolah melalui peningkatan kualitas para guru serta mengembangkan karakter positif bagi siswa dalam mendorong transformasi sekolah untuk mencetak generasi bangsa yang cerdas dan peduli terhadap lingkungan.”

Sekolah Berhati sebagai platform pendidikan telah dikembangkan dan diimplementasikan ke sejumlah sekolah dan madrasah di wilayah Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang. Sekolah Berhati dinilai memiliki karakteristik utama pendidikan yakni mendukung pemulihan pembelajaran, pengembangan soft skills, pembentukan karakter, fokus pada materi esensial dan fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan peserta didiknya. Program ini mendukung tenaga pendidik dalam menciptakan sarana pembelajaran menjadi lebih kreatif dan inovatif, serta berorientasi pada upaya green productivity yang merupakan aspek utama dalam pengembangan sekolah ramah lingkungan.

news image

Diseminasi berikutnya akan dilanjutkan ke wilayah Kota Tangerang Selatan, dengan menjangkau 500 sekolah tingkat Raudhatul Athfal (RA) atau setingkat Taman Kanak-kanak (TK), SD, dan SMP. Pada 2 Agustus 2022 lalu, Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kota Tangerang Selatan telah meluncurkan Sekolah Berhati untuk diterapkan sebagai program wajib dalam kegiatan belajar mengajar. Acara grand launching diresmikan oleh Dadang Raharja (Asisten Daerah 1 Kota Tangerang Selatan) dan Deden Deni (Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kota Tangerang Selatan), serta Dony Martadisata (Managing Director President Office – Sinar Mas Land) di Kantor Pemerintah Kota Tangerang Selatan.

Selain itu, Sekolah Berhati juga telah menyelenggarakan berbagai kegiatan di antaranya pelatihan, seminar, lomba pendidikan, bantuan pendidikan, pameran pendidikan, talk show, serta menciptakan lingkungan sekolah yang aman, nyaman, dan produktif untuk mewujudkan implementasi kurikulum Merdeka Belajar berbasis ramah lingkungan.

news image

Mudik

Discover more articles like this