[Press Release] Sinar Mas Land Fokus Kembangkan Beragam Proyek, Menyikapi Tantangan Sektor Bisnis Properti 2016

Jakarta, 30 Maret 2016Sinar Mas Land, salah satu pengembang properti terbesar dan terpercaya di Indonesia hari ini menggelar Sinar Mas Land – PT Bumi Serpong Damai Tbk Outlook 2015 di Jakarta. Dalam event ini, Sinar Mas Land memaparkan rencana pengembangan bisnis perusahaan di tahun 2016.

Ishak Chandra, CEO Strategic Developments & Services Sinar Mas Land memaparkan analisisnya mengenai perkembangan situasi ekonomi dan industry properti di Indonesia, khususnya di tahun 2016 dengan mengungkapkan,” Kami sadar bahwa terjadi perlambatan ekonomi di tanah air, disertai intensitas pertumbuhan properti yang kurang maksimal pada tahun 2015, walau begitu kami tetap melihat banyak peluang yang bisa dimaksimalkan dengan mengembangkan beragam proyek baru untuk meraih target sekaligus menyakinkan pasar secara positif melalui kinerja Sinar Mas Land di tahun 2016 ini.”

Fokus Pengembangan Beragam Proyek

Sinar Mas Land pada tahun 2015 lalu berhasil menyelesaikan beragam proyek besar, diantaranya adalah Indonesia Convention Exhibition (ICE), convention & exhibition center terbesar di Indonesia yang berdiri di atas lahan seluas 220.000 meter, BSD GOP 6, AEON Mall BSD City, hingga beragam proyek residensial di kota mandiri BSD City.

Sinar Mas Land mengawali tahun 2016 dengan meresmikan pembukaan Courts Megastore yang dibangun di atas lahan seluas 22.694 meter persegi di BSD City. Proyek lainnya yang berada dalam tahap pengembangan adalah QBig BSD City, Retail Complex satu lantai berkonsep Power Center dengan anchor tenants pilihan yang menghadirkan konsep pertama dan terbaru di Indonesia yang berdiri di atas lahan seluas sekitar 17,5 Hektar. Untuk proyek diluar daerah, Sinar Mas Land berfokus pada pengembangan Nuvasa Bay, proyek hunian dan mixed used bertaraf internasional, seluas 228 Ha di Nongsa - Batam. Proyek ini ditargetkan menjadi tempat hunian baru para kaum elite Batam, Singapura & Malaysia serta investor lokal dan mancanegara di pulau Batam. Selain itu, masih ada proyek residensial yang akan dikembangkan di kota mandiri BSD City.

Ishak Chandra memaparkan,”Sinar Mas Land membuka awal tahun dengan meresmikan pembukaan Courts Megastore yang bekerja sama dengan Courts Retail Indonesia. Kami juga bersiap merampungkan proyek Q-Big BSD City, dan berfokus pada pengembangan Nuvasa Bay di Batam. Kami juga masih akan memaksimalkan land bank di BSD City untuk berbagai proyek residensial.”

Regulasi Bisnis Properti di Indonesia

Sinar Mas Land akan terus mematuhi regulasi yang ada dan mendukung pemerintah Presiden Joko Widodo untuk mendorong agar Indonesia bisa mencapai:

  • Negara yang unggul di kawasan regional ASEAN
  • Mendorong local content, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan proyek padat karya
  • Membangun infrastruktur untuk membangkitkan kegiatan ekonomi di kawasan pengembangan.
  • Sinar Mas Land berharap pemerintah agar terus memperhatikan dunia properti dan real estate dengan terus memberikan paket-paket kebijakan yang lebih mempercepat investasi dan pembangunan seperti insentif untuk kawasan digital – “Silicon Valley Indonesia”dalam menjawab persaingan dengan negara-negara maju yang berhasil memanfaatkan teknologi aplikasi yang membuat kegiatan masyarakat yang lebih efisien. “Untuk ini, Sinar Mas Land siap mendukung dan bekerja sama dengan pihak pemerintah, swasta, perguruan tinggi, dan komunitas untuk membangun eksistensi smart digital city”, ungkap Dhony Rahajoe, Managing Director President Office Sinar Mas Land.

    Sustainability program Sinar Mas Land:  CSR dan Lingkungan

    Sinar Mas Land merupakan pengembang yang selalu memperhatikan aspek ramah lingkungan dalam mengembangkan setiap proyeknya.  Hal ini mendasari perusahaan melakukan fasilitasi sertifikat Green building sebagai langkah awal menuju Sustainable City, diantaranya:

  • Sertifikasi Final GOLD pada Bangunan Kampus ITSB Deltamas
  • Sertifikasi PLATINUM pada Design Recognition Gedung Kampus Universitas    Prasetiya Mulya BSD
  • Sertifikasi  Final GOLD pada perkantoran GOP 6
  • Sertifikasi PLATINUM  Design Recognition  pada Gedung perkantoran GOP 9
  • Mendorong Mitra usaha menerapkan sertifikasi green pada gedung kantor Pusat  Unilever BSD dan gedung kantor BNI BSD
  • Penyelesaian BSD Green Office Park pada CBD Barat 1 dan mempersiapkan BSD Green Office Park selanjutnya
  • Sinar Mas Land juga berupaya menerapkan praktek Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mengembangkan masyarakat dan memajukan lingkungan di daerah sekitar proyek. Program CSR SML terdiri dari:

  • Program Pengurangan Kemiskinan masyarakat sekitar BSD :Rumah Pintar, Bedah Rumah
  • Program bantuan Pendidikan bagi masyarakat sekitar : Pemberian Beasiswa berprestasi di Tangerang, Festival Pendidikan  di The Breeze
  • Program Lingkungan Hidup : Festifal Hijau dan Bulan Menanam
  • Tentang Sinar Mas Land

    Sinar Mas Land adalah pengembang property terkemuka di Asia Tenggara dengan pengalaman lebih dari 40 tahun dalam bidang pengembangan properti di Indonesia.  Sinar Mas Land tercatat di bursa saham Indonesia atas nama PT. Bumi Serpong Damai Tbk, (BSDE). Awal tahun 2011, BSDE  telah merampungkan proses akuisisi perusahaan terafiliasi yakni PT Duta Pertiwi Tbk, PT Sinar Mas Teladan dan PT Sinar Mas Wisesa. Akuisisi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja BSDE terutama portofolio pendapatan dan diversifikasi usaha BSDE.

    Dengan lebih dari 50 proyek besar yang telah dikembangkan di Indonesia, dan juga memiliki lebih dari 10.000 ha land bank, Sinar Mas Land dapat disebut sebagai pengembang properti terbesar dan paling terpecaya di Indonesia. Bukti kesuksesan Sinar Mas Land juga diakui oleh dunia dengan mendapatkan berbagai macam penghargaan International yang prestigious seperti World FIABCI Prix d’excellence Award di Cyprus (2011), Taichung (2013) & Kuala Lumpur (2015), Asia Pacific Property Award di Kuala Lumpur (2012, 2013, 2015), dan Cityscape Awards For Emerging Market di Dubai (2014).

    Dengan dukungan tim manajemen yang kuat, Sinar Mas Land juga dikenal sebagai pengembang kota mandiri paling berhasil (Melalui BSD City Development), serta menjadi pelopor dalam pengembangan konsep perumahan Klaster / concept- clustered residential (Kota Wisata, Legenda Wisata, Grand Wisata, dan lain-lain). Disamping itu, Sinar Mas Land juga merupakan pelopor / pioneer pengembangan proyek inovatif Strata Mall / Trade Center (ITC) di Indonesia.

    Sinar Mas Land sebagai pengembang berupaya untuk mewujudkan kepedulian terhadap masalah pelestarian lingkungan melalui penerapan visi green di setiap proyeknya. Kesadaran perusahaan untuk bertanggung jawab melestarikan lingkungan hidup diwujudkan melalui berbagai program, seperti pembangunan kawasan hijau Green Office Park, sertifikasi Green Building, Mall tanpa dinding yang ramah lingkungan ‘The Breeze’, jalur-jalur pejalan kaki yang nyaman serta berbagai acara untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan salah satunya melalui penyelenggaraan acara Festival Hijau yang diselenggarakan setiap tahun. Sejauh ini Sinar Mas Land telah menanam lebih dari tiga juta pohon di area komersial, pedestrian, median jalan, taman lingkungan,  dan mengembangkan taman kota serta hutan kota. Inisiatif dan komitmen terhadap masalah sosial juga terus dilakukan melalui program – program CSR yang memberi kesempatan masyarakat sekitar dan usaha kecil dengan dapat menikmati pembangunan yang dilakukan Sinar Mas Land seperti penyediaan tempat usaha untuk UKM di Pasar-pasar tradisional dan taman jajan kaki lima serta program-program CSR lainnya.

    Sinar Mas Land memiliki mitra strategis yang kuat seperti Sojitz Japan dan Itochu-Japan, Hongkong Land serta mitra lokal seperti Kompas Gramedia dan Kalbe.

    Untuk informasi lebih lanjut hubungi:

    Promo Kado Spesial untuk yang Tersayang

    Discover more articles like this