Mudik

Pertimbangan Penting Ketika Anda ingin Investasi Properti

news image

Masuk ke tahun 2024, tren peningkatan harga properti semakin nyata. Faktor-faktor yang memengaruhi harga properti sangat bervariasi dan kompleks. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan penelitian menyeluruh tentang berbagai pertimbangan yang memengaruhi harga properti sebelum Anda memutuskan untuk membeli atau berinvestasi di sektor ini.

Lalu, apa saja pertimbangan penting dalam investasi properti?

Baca Juga: Serba Praktis! Ini Cara Bayar Pajak Rumah Secara Online

Kualitas Bangunan

Properti yang menggunakan bahan bangunan berkualitas cenderung memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada properti yang menggunakan bahan yang kurang berkualitas. Hal yang sama berlaku untuk desain properti. Secara umum, properti dengan desain terkini lebih diminati oleh pembeli daripada properti dengan desain yang sudah ketinggalan zaman.

news image

Faktor usia juga berperan penting dalam menentukan minat pembeli terhadap properti. Semakin tua sebuah rumah atau properti, semakin sedikit minat pembeli karena laju perkembangan zaman yang terus berlanjut, yang dapat membuat properti tersebut terlihat ketinggalan zaman meskipun telah mengalami berbagai inovasi.

Fasilitas Properti

Fasilitas adalah faktor kunci dalam menentukan harga properti. Baik fasilitas yang tersedia di dalam maupun di sekitar properti memiliki dampak signifikan pada nilai jualnya. Misalnya, rumah yang dilengkapi dengan kolam renang di dalamnya cenderung memiliki harga yang lebih tinggi daripada yang tidak memiliki fasilitas tersebut. Selain itu, properti yang dekat dengan pusat perbelanjaan, institusi pendidikan, dan fasilitas kesehatan umumnya memiliki nilai jual yang lebih tinggi karena kenyamanan dan aksesibilitas yang ditawarkan kepada penghuninya.

Developer

Harga hunian di perumahan yang dikembangkan oleh pengembang dengan reputasi yang baik memang cenderung lebih tinggi. Hal ini karena reputasi pengembang tersebut juga menjadi faktor penentu dalam menetapkan harga properti. Pembeli cenderung lebih percaya dan yakin terhadap kualitas, keandalan, dan integritas properti yang dikembangkan oleh pengembang yang telah membangun reputasi yang solid. Oleh karena itu, properti yang dikembangkan oleh pengembang bereputasi tinggi biasanya memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan properti yang dikembangkan oleh pengembang yang kurang dikenal.

Keuntungan memiliki properti yang dikembangkan oleh pengembang terpercaya juga terlihat ketika Anda ingin menjual kembali properti tersebut. Properti yang dibangun oleh pengembang bonafit biasanya terletak di lokasi strategis, dilengkapi dengan fasilitas lengkap, dan memiliki ketahanan terhadap bencana yang tidak terduga. Hal ini memberikan nilai tambah yang besar bagi calon pembeli, sehingga mempermudah Anda untuk mendapatkan kembali investasi dengan harga yang menguntungkan saat menjual properti.

news image

Di Sinar Mas Land, Anda dapat menemukan beragam pilihan properti dengan lokasi strategis, akses yang baik, luas bangunan yang memadai, desain menggunakan material terbaru, dan fasilitas lengkap. Selain itu, melalui program Infinite Living, Anda juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan berbagai potongan harga yang menarik.

Luas Bangunan

Properti dengan tanah atau bangunan yang lebih luas memang cenderung memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan properti setipe yang lebih kecil. Hal yang sama berlaku untuk properti dengan ruang yang lebih banyak, seperti jumlah kamar tidur atau ruang tamu yang lebih luas, yang juga akan memiliki harga yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan karena luas tanah dan bangunan serta jumlah ruangan merupakan faktor penting dalam menentukan nilai properti. Semakin besar properti dan ruang yang tersedia, semakin tinggi nilai jualnya.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Tempat Nongkrong di BSD yang Cozy dan Aesthetic

Lokasi

Lokasi yang strategis memang menjadi faktor utama dalam meningkatkan harga jual properti. Perbandingan harga properti antara rumah yang berlokasi di pinggiran kota dan di pusat kota memperlihatkan perbedaan yang signifikan. Hal ini karena rumah di pusat kota, dengan akses yang lebih dekat ke fasilitas-fasilitas penting seperti pusat perbelanjaan, kantor, dan pusat hiburan, cenderung lebih diminati dan memiliki tingkat permintaan yang tinggi dibandingkan dengan properti di pinggiran kota. Sebagai akibatnya, harga properti di pusat kota biasanya lebih tinggi.

Kemudahan akses merupakan faktor penting dalam menentukan harga properti. Bagi individu dengan mobilitas tinggi, faktor ini bahkan mungkin menjadi prioritas utama. Akses yang mudah ke pusat-pusat kegiatan seperti kantor, sekolah, atau kampus memiliki dampak langsung pada harga properti. Properti yang memiliki akses yang cepat dan nyaman ke pusat-pusat kegiatan ini cenderung memiliki harga yang lebih tinggi karena kenyamanan dan kemudahan yang ditawarkan kepada penghuninya. Oleh karena itu, ketika mempertimbangkan untuk membeli atau berinvestasi dalam properti, penting untuk memperhitungkan kemudahan akses sebagai salah satu faktor penentu utama.

Mudik

Discover more articles like this