Penghargaan Subroto untuk Sinar Mas Land di Bidang Efisiensi Energi 2022

news image

Penghargaan Subroto

BSD City, 11 Oktober 2022 – Sinar Mas Land kembali sukses menorehkan prestasi tingkat nasional dalam ajang Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi (PSBE) 2022. Kali ini, Sinar Mas Land meraih penghargaan dalam kategori Gedung Hemat Energi dengan sub-kategori inovasi khusus Net Zero Energy Building. Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) atas komitmen Sinar Mas Land dalam upaya mereduksi kebutuhan energi secara efisien dan menyeimbangkan antara sumber energi konvensional dengan energi terbarukan pada bangunan pusat perbelanjaan QBig BSD City. Secara seremonial, penghargaan tersebut diterima langsung oleh Ignesjz Kemalawarta (Advisor President Office Sinar Mas Land) pada Senin (05/10) lalu di Gedung Chairul Saleh, Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM, Jakarta Pusat.

Baca Juga : Sinar Mas Land Raih Penghargaan Digital Marketing Awards dan Top Social Media Awards 2022

Penerimaan PSBE tahun ini merupakan yang ke-8 untuk Sinar Mas Land, setelah kategori gedung hemat energi  (gedung hijau) untuk Gedung GOP 9 pada tahun 2018, kategori gedung hemat energi (gedung baru) untuk Gedung Traveloka Campus/GOP 1 pada tahun 2021 dan sederet penghargaan PSBE lainnya. PSBE adalah penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Kementerian ESDM sejak 2012 kepada para pemangku kepentingan di sektor bangunan dan industri yang berhasil menerapkan upaya efisiensi serta konservasi energi. Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi terus mendorong pemanfaatan energi secara efisien dan bertanggung jawab, melakukan efisiensi energi dan penggunaan energi terbarukan, sekaligus mendukung pencapaian target Nationally Determined Contribution (NDC).

news image

Managing Director President Office Sinar Mas Land – Dony Martadisata mengatakan, “Proyek QBig BSD City merupakan pusat retail seluas 17,5 hektare yang telah dibangun dengan konsep green environment, selaras dengan visi pembangunan berkelanjutan perusahaan. Kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang telah diberikan oleh Kementerian ESDM dalam ajang PSBE 2022 kepada Sinar Mas Land. Kami sebagai pengembang properti swasta terus berupaya menghadirkan beragam inovasi yang berkelanjutan demi keberlangsungan lingkungan bumi yang lebih baik agar bisa dinikmati oleh generasi penerus kita kelak.”

Pusat perbelanjaan QBig BSD City dibangun dengan orientasi Zero Energy Building yang dibawa dengan tiga langkah besar. Pertama, membangun lingkungan yang mendukung iklim mikro dengan pembangunan komplek ritel yang didominasi oleh ruang terbuka hijau untuk menurunkan suhu lingkungan. Sekitar 80% dari kawasan QBig BSD City adalah Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang berfungsi sebagai paru-paru kota atau wilayah sekaligus sebagai area publik untuk berkumpul dan beraktivitas bagi pengunjung. Kedua, mengurangi penggunaan energi dengan konsep desain pasif yang baik yakni memanfaatkan ventilasi dan pencahayaan alami dengan 27% area ritel semi-terbuka serta menggunakan Centralized Cooling System untuk mengondisikan penghawaan seluruh gedung. Ketiga, menggunakan energi terbarukan untuk mengurangi penggunaan energi fosil. Hingga saat ini, panel surya yang terpasang di mal tersebut diproyeksikan dapat memproduksi energi hingga 1,9 MWp atau mampu menggantikan 20% dari total kebutuhan energi listrik bangunan.

QBig BSD City juga merupakan lokasi untuk uji coba pengoperasian autonomous electric vehicles (AV) yang pertama di Indonesia. Kehadiran AV ini merupakan salah satu inovasi yang dihadirkan Sinar Mas Land dalam mengembangkan kota pintar berenergi hijau yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan serta berkontribusi terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).  Transportasi cerdas bertenaga listrik ini memiliki fitur yang canggih dan ramah lingkungan karena dapat menjawab solusi akan kendaraan yang rendah emisi karbon.

Promo Kado Spesial untuk yang Tersayang

Discover more articles like this