Pengenalan Internet of Things Melalui Event Arduino Day di BSD City

Jakarta, 2 April 2017 – Sinar Mas Land, salah satu pengembang properti terbesar dan terpercaya di Indonesia melalui BSD City bersama dengan Purwadhika Startup & Coding School,salah satu lembaga pendidikan berfokus dalam bidang Startup, Coding, dan Internet of Things pada tanggal 1-2 April 2017 ini akan menyelenggarakan acara Arduino Day di Green Office Park 9 – BSD City. Bekerjasama dengan Arduino Indonesia Community, Arduino day ini diselenggarakan serentak di 75 negara di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Arduino adalah sebuah perusahaan pengendali mikro single-board ini akan menampilkan karya-karya Internet of Things dari berbagai pengembang Arduino di seluruh Indonesia, workshop pengenalan Arduino, Smart Home, Robotic, STEM Education, demo 3D printing, serta seminar untuk memperkenalkan Internet of Things kepada masyarakat

Dhony Rahajoe, Managing Director President Office Sinar Mas Land pada kesempatan kali inimengungkapkan, “kami merasa senang karena menjadi bagian dari keriaan hari jadi Arduino Day yang dipercayakan kepada Purwadhika Startup & Coding School sebagai pihak penyelenggara. Kami turut menyemarakan Arduino Day karena kami sadar kebutuhan akan digital kedepanya sehinnga kami fokus memberikan fasilitas digital seperti Purwadhika Startup & Coding School, serta wujud komitmen kami dalam menjadikan BSD City sebagai “The First Integrated Smart Digital City” di Indonesia.”

Purwa Hartono, Founder and President Purwadhika Startup & Coding School menambahkan “Suatu kebanggaan bagi kami karena Purwadhika Startup & Coding School bekerjasama dengan Arduino Indonesia Community dapat menjadi salah satu tuan rumah dalam perhelatan Arduino Day yang dilakukan serentak oleh 75 negara di seluruh. Di era serba digital ini perkembangan dunia Teknologi semakin menyilaukan mata, salah satunya adalah perkembangan Internet of Things (IoT) oleh karena itu kami juga menawarkan program IoT bagi para pelaku industri, remaja, maupun anak-anak yang berminat mengetahui seluk beluk bagaimana internet dapat terhubung kepada kehidupan sehari-hari dan bisnis serta membantu memudahkan manusia baik dari segi industri pemerintah maupun rumah tangga.”

Arduino Day

Arduino Day merupakan bagian dari acara perayaan ulang tahun Arduino, perusahaan pengendali micro single-board yang bersifat open-source, dirancang sebagai big thing dalam dunia IT yang akan mempengaruhi semua segi kehidupan manusia baik di industri, pemerintah maupun rumah tangga. Arduino salah satu perusahaan pionir dalam mengembangka Internet of Things (IoT) serta pemasok banyak peralatan inovatif yang kini menjadikan Internet of Things (IoT) dapat berkembang pesat di seluruh dunia.

Perayaan ini berlangsung dua hari sejak tanggal 1 sampai dengan 2 April 2017 dimeriahkan oleh serangkaian acara menarik seperti hari Sabtu (1/4) akan ada seminar dan demo gratis mengenai roboticSmart Home, 3D Printer, dan Internet of Things (IoT), serta akan hadir pula Brilly Nurhalim selaku CEO Eliketronics yang akan membahas mengenai teknologi 3D Printer. Selain itu, pada hari Minggu, (2/4) Aurdino Day akan membahas seminar pengenalan IoT bagi pemula dan pentingnya Science, Technology, Engineering dan Math dalam dunia pendidikan oleh Adiatmo Rahardi selaku CEO Makernesia. Seluruh rangkaian acara Arduino Day ini terbuka untuk umum dan dapat diikuti oleh siapa pun yang ingin tahu atau tertarik dengan Internet of Things (IoT).

Pengembangan komunitas digital di BSD City

Arduino Indonesia Community merupakan sebuah komunitas bagi para pecinta robotik, mikrokontroler, atau lainnya yang menggunakan Arduino sebagai alat untuk berinovasi dalam menciptakan berbagai macam menda yang dapat memudahkan serta mengoptimalkan kualitas hidup manusia di era digital seperti sekarang ini. Arduino Indonesia Community secara rutin mengadakan gathering dan pameran melalu workshop dan pelatihan. Didirikan oleh Adiatmo Rahardi dan Zerfani Yulias sejak 2015 yang kini sudah memiliki beranggotakan lebih dari 15000 orang.

“Dengan diselenggarakannya Arduino Day di BSD City nantinya akan semakin meramaikan komunitas-komunitas digital lainnya untuk bergabung bersama. Terselenggaranya acara ini juga menjadi pembuktian dari komitmen Sinar Mas Land dalam memajukan industri teknologi di Indonesia, serta dalam mentransformasi BSD City menjadi ‘The First Integrated Smart Digital City’ di Indonesia yang memiliki fasilitas dan infrastruktur berbasis teknologi digital”, tambah Irvan.

Sebelumnya, Sinar Mas Land telah sukses menghadirkan beberapa acara-acara komunitas teknologi dan digital seperti acara National Gathering KOMUNITAS AUTOCAD INDONESIA yang diadakan pada September 2016 lalu di The Breeze, BSD City, serta acara The 3rd Indonesia International Robot Show pada Februari 2017 lalu di AEON Mall, BSD City.

###

Tentang Purwadhika Startup & Coding School

Purwadhika resmi berdiri sebagai lembaga pendidikan komputer pada tanggal 9 November 1987 dengan nama Purwadhika Startup & Coding School. Purwadhika didirikan oleh Purwa Hartono MSCNG BSCS seorang Software Engineer lulusan terbaik Amerika Serikat yang memiliki passion di bidang pendidikan IT dan ingin memajukan dunia teknologi Tanah Air. Purwadhika saat itu menawarkan program pendidikan dibidang Hardware Design, Software Design, dan Network & Communication Design untuk para insinyur muda,  lembaga-lembaga pemerintahan, perusahaan nasional, internasional, dan juga kepada masyarakat luas yang ingin belajar lebih dalam tentang dunia komputer. 

Pada tahun 2015, Purwadhika melahirkan program unggulan yaitu Startup Fast Track dimana program ini mempersiapkan para calon Founder Startup untuk memiliki keahlian teknikal yaitu coding. Purwadhika juga memberikan mentorship untuk mengembangkan produk dan startup mereka melalui program training dan incubation. Memasuki tahun 2017, Purwadhika melahirkan pilihan program yang lebih banyak lagi seperti Internet of ThingsJob Connector dan pilihan short courses di bidang codingbusiness dan designJob Connector sendiri adalah program untuk menghasilkan Software Developer yang siap disalurkan bekerja di Startup company guna mendukung ekosistem Startup di Indonesia. Sedangkan Internet of Things untuk mempersiapkan generasi muda dalam menyambut third wave technology dimana semua benda dapat terhubung dengan internet.

Melalui program pendidikan yang kini dimiliki oleh Purwadhika dan kehadiran kampus Purwadhika di BSD yaitu di kawasan Digital Hub, Purwadhika akan terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang terbaik dalam mendukung pertumbuhan teknologi di Indonesia untuk menghasilkan tidak hanya para Entrepreneur baru tapi juga para Professional berkualitas.

Tentang Sinar Mas Land

Sinar Mas Land adalah pengembang property terkemuka di Asia Tenggara dengan pengalaman lebih dari 40 tahun dalam bidang pengembangan properti di Indonesia. Sinar Mas Land tercatat di bursa saham Indonesia atas nama PT. Bumi Serpong Damai Tbk, (BSDE). Awal tahun 2011, BSDE telah merampungkan proses akuisisi perusahaan terafiliasi yakni PT Duta Pertiwi Tbk, PT Sinar Mas Teladan dan PT Sinar Mas Wisesa. Akuisisi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja BSDE terutama portofolio pendapatan dan diversifikasi usaha BSDE.

Dengan lebih dari 50 proyek besar yang telah dikembangkan di Indonesia, dan juga memiliki lebih dari 10.000 ha land bank, Sinar Mas Land dapat disebut sebagai pengembang properti terbesar dan paling terpecaya di Indonesia. Bukti kesuksesan Sinar Mas Land juga diakui oleh dunia dengan mendapatkan berbagai macam penghargaan International yang prestigious seperti World FIABCI Prix d’excellence Award di Cyprus (2011), Taichung (2013) & Kuala Lumpur (2015), Asia Pacific Property Award di Kuala Lumpur (2012, 2013, 2015), dan Cityscape Awards For Emerging Market di Dubai (2014).

Dengan dukungan tim manajemen yang kuat, Sinar Mas Land juga dikenal sebagai pengembang kota mandiri paling berhasil (Melalui BSD City Development), serta menjadi pelopor dalam pengembangan konsep perumahan Klaster / Residential Clustered Concept (Kota Wisata, Legenda Wisata, Grand Wisata, dan lain-lain). Disamping itu, Sinar Mas Land juga merupakan pelopor / pioneer pengembangan proyek inovatif Strata Mall / Trade Center (ITC) di Indonesia.

Sinar Mas Land sebagai pengembang berupaya untuk mewujudkan kepedulian terhadap masalah pelestarian lingkungan melalui penerapan visi “green” di setiap proyeknya. Kesadaran perusahaan untuk bertanggung jawab melestarikan lingkungan hidup diwujudkan melalui berbagai program, seperti pembangunan kawasan hijau Green Office Park, sertifikasi Green Building, Mall tanpa dinding yang ramah lingkungan ‘The Breeze’, jalur-jalur pejalan kaki yang nyaman serta berbagai acara untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan salah satunya melalui penyelenggaraan acara Festival Hijau yang diselenggarakan setiap tahun. Sejauh ini Sinar Mas Land telah menanam lebih dari tiga juta pohon di area komersial, pedestrian, median jalan, taman lingkungan, dan mengembangkan taman kota serta hutan kota. Inisiatif dan komitmen terhadap masalah sosial juga terus dilakukan melalui program – program CSR yang memberi kesempatan masyarakat sekitar dan usaha kecil dengan dapat menikmati pembangunan yang dilakukan Sinar Mas Land seperti penyediaan tempat usaha untuk UKM di Pasar-pasar tradisional, taman jajan kaki lima, dan Pembangunan RTH dan RPTRA Kalijodo yang dilengkapi beragam fasilitas  seperti; taman, lintasan joging, lintasan sepeda, skate park, amfiteatermusholla, toilet, dan outdoor fitness, serta program-program CSR lainnya.

Sinar Mas Land memiliki mitra strategis yang kuat seperti Sojitz Japan dan Itochu-Japan, Hongkong Land serta mitra lokal seperti Kompas Gramedia, Astra dan Kalbe.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:

Panji Himawan
Head of Corporate Communication Sinar Mas Land
Tel: 021 – 50 368 386
email: panji.himawan @sinarmasland.com

Promo Kado Spesial untuk yang Tersayang

Discover more articles like this