Living Lab Ventures Sinar Mas Land Gandeng Jetro untuk Akselesarikan Startup

news image

BSD City, 4 Agustus 2023 - Living Lab Ventures (LLV), corporate venture Sinar Mas Land, mengumumkan kerjasama yang strategis dengan Japan External Trade Organization (JETRO) untuk memajukan ekosistem startup di Indonesia dan Jepang. Melalui kemitraan ini, LLV akan menjadi go-to-market resmi di BSD City, khususnya untuk startup yang mengikuti program JETRO. Acara penandatangan kemitraan strategis tersebut dilakukan oleh Mulyawan Gani (Chief Transformation Officer Sinar Mas Land), Bayu Seto (Partner Living Lab Ventures), dan Kawada Mio (Executive Vice President JETRO) pada 3 Agustus 2023 di Marketing Office Sinar Mas Land, BSD City.

Baca Juga: Living Lab Ventures Jadi Investor Startup DCT Agency

Kerja Sama Living Lab Ventures dengan JETRO

JETRO adalah sebuah lembaga yang berada di bawah naungan pemerintah Jepang yang bertujuan untuk mempromosikan kerja sama perdagangan dan investasi antara Jepang dan negara-negara di seluruh dunia. Menurut survei yang dilakukan oleh JETRO pada akhir tahun 2022, sekitar 73 persen dari perusahaan-perusahaan Jepang yang beroperasi di Indonesia memproyeksikan adanya keuntungan pada tahun 2023. Fakta ini bahkan melebihi proyeksi yang diberikan oleh perusahaan-perusahaan Jepang di Thailand dan Vietnam. Kondisi ini menjadi faktor penting yang mendorong banyak perusahaan Jepang untuk melanjutkan investasi di Indonesia.

Kerjasama strategis dengan JETRO menegaskan bahwa LLV, sebagai corporate ventures Sinar Mas Land, memiliki sikap terbuka untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk organisasi internasional. Hal ini juga menjadi bukti nyata komitmen LLV dalam menyediakan pendanaan untuk menginkubasi dan mengakselerasikan global minded para digital entrepreneurs potensial di Indonesia, sekaligus untuk memperluas jaringan investasi. Dari perspektif lain, kerja sama menjadi kali pertama JETRO menjalin kemitraan strategis dengan sektor privat, yakni Sinar Mas Land dan LLV.

news image

Kawada Mio, Executive Vice President, JETRO mengatakan “Hari ini, kami menandatangani MoU antara tiga entitas di antaranya Sinar Mas Land, Living Lab Ventures, dan JETRO Jakarta. Kami berbagi visi bersama untuk mendorong inovasi dan pembangunan berkelanjutan melalui kerja sama antara sektor swasta Jepang dan Indonesia. Kami sangat senang menjadi bagian dari kolaborasi ini, karena membuka peluang bagi teknologi canggih, model bisnis, dan wirausahawan yang berasal dari Jepang dan Indonesia. Selain itu, kami juga telah menjelajahi beberapa fasilitas di BSD City yang menyediakan tempat ideal untuk menjalin kemitraan bersama komunitasnya yang bersemangat dan kepemimpinan yang visioner. Dengan menggabungkan keahlian dan sumber daya, kami yakin dapat membuka kesempatan baru dan menciptakan masa depan yang lebih cerdas serta berkelanjutan.”

Mulyawan Gani – Chief Transformation Officer Sinar Mas Land menjelaskan “Ini adalah momen yang luar biasa bagi Living Lab Ventures, karena kami dengan bangga mengumumkan kemitraan strategis perusahaan dengan JETRO. Sebagai go-to-market partner, kami berkomitmen untuk mendukung perusahaan teknologi Jepang dalam ekspansi global mereka melalui BSD City sebagai hub yang strategis. Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat menciptakan peluang berharga bagi pengembangan teknologi dan inovasi, serta meningkatkan dampak positif bagi ekonomi digital masyarakat di Indonesia.”

Pada kesempatan yang sama Bayu Seto – Partner Living Lab Ventures menambahkan, “Kerja sama LLV bersama dengan JETRO ini menandai komitmen kami untuk mendorong inovasi, pertumbuhan berkelanjutan, dan pengembangan proyek-proyek yang memberikan dampak positif bagi masyarakat. Sinar Mas Land yakin bahwa kemitraan ini akan membuka peluang baru, memperkuat jaringan global, dan menciptakan solusi berharga dalam mendukung pembangunan ekonomi Indonesia dan Jepang.”  Bagi dunia startup, investor menjadi salah satu elemen penting untuk membangun dan mengembangkan beragam model bisnis. Investor dapat mengucurkan modal hingga miliaran dolar agar para founder bisa merealisasikan idenya dan bersaing di tengah pertumbuhan industri digital di Indonesia yang kian pesat. Kerja sama antara LLV dan JETRO diharapkan akan mempermudah masuknya jalur investasi dari Jepang ke dalam ekosistem ekonomi digital di Indonesia. Menurut data dari Startup Ranking per 14 Juni 2023, saat ini Indonesia juga menduduki peringkat ke-6 sebagai negara dengan tech startup terbanyak di dunia dengan jumlah 2.492 startup, bahkan 13 startup di antaranya telah berstatus unicorn.

Promo Kado Spesial untuk yang Tersayang

Discover more articles like this