Kenali Berbagai Tipe Rumah Berdasarkan Luas Bangunannya

news image

Jika Anda tertarik untuk membeli rumah, mengenal tipe dan lusa bangunan merupakan hal penting yang harus dilakukan. Selain mengetahui jumlah ruangan yang terdapat dalam hunian, dengan mengenal dan mengetahui tipe rumah berdasarkan luas bangunan dapat membantu Anda menentukan rencana budget serta interior hunian.

Artikel kali ini mengajak Anda untuk mengenal berbagai tipe hunian berdasarkan luas bangunan sebelum menentukan hunian yang cocok untuk Anda.

Baca Juga: Tetap Jadi Tren, Ini Keuntungan Memiliki Rumah Minimalis Modern

Tipe 21

Rumah dengan tipe 21 ini memiliki luas banguan 21 meter persegi yang terbilang mungil. Rumah model ini umumnya menjadi pilihan terkecil yang ditawarkan oleh developer properti. Bagi Anda yang mencari hunian dengan budget terbatas, model ini menjadi pilihan dengan harga paling terjangkau dan cicilan yang ringan. Oleh karena itu, rumah ini umumnya menyasar masyarakat menengah ke bawah. 

Berbicara mengenai luas bangunan, tipe ini memiliki ukuran 21 meter persegi dengan dimensi 3x7 meter, 5,25x4 meter atau 6x3,5 meter. Itulah alasan mengapa, rumah ini umumnya hanya memiliki 1 kamar utama, kamar mandi dan ruang serbaguna.

Tipe 36

Tipe 36 menjadi pilihan rumah yang paling banyak dipilih karena ukurannya yang tidak terlalu kecil dan harga terjangkau. Apalagi ukuran rumah model 36 ini sudah cukup untuk keluarga muda dengan 1 anak. Umumnya, rumah dengan tipe 36 dibangun dengan dimensi berukuran 6x6 meter atau 9x4 meter. Spesifikasi tipe rumah ini kamu bisa membuat 1 hingga 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dapur serta ruang tamu.

news image

Tipe 45

Tipe 45 dapat menjadi solusi terbaik bagi Anda yang merasa hunian dengan tipe 21 terlalu kecil dan tipe 36 yang kurang cocok menjadi hunian bagi Anda. Dimensi pada bangunan tipe 45 umumnya dibangun berukuran 6x7,5 meter dan dipatok dengan harga yang berbeda-beda. Ukuran yang lebih luas dari tipe 21 dan 36 dapat membantu Anda untuk membangun hunian dengan 2 kamar tidur, 2 kamar mandi, 1 ruang tamu, parkiran mobil dan juga taman. 

Tipe 60

Tipe ini memiliki luas bangunan dengan dimensi 6x10 meter dan umumnya dibangun di atas tanah seluas 120-150 meter persegi. Rumah tipe 60 ini sering menjadi pilihan favorit bagi kalangan menengah ke atas karena luas dan nyaman untuk dihuni. Oleh karena itu, hunian dengan model ini bisa memiliki kurang lebih 3 kamar tidur, 2 kamar mandi dan juga ruang tamu yang besar untuk tempat berkumpul keluarga.

Baca Juga: 4 Keuntungan Investasi Tanah Kavling untuk Jangka Panjang

Tipe 70

Rumah tipe 70 ini memiliki luas bangunan dengan dimensi 7x10 meter atau 5x14 meter. Umumnya, hunian model 70 ini terdiri dari 2 lantai yang dilengkapi dengan fasilitas serta ruangan yang nyaman. Tipe ini cocok dan ideal untuk keluarga besar karena bisa menampung 3 hingga 4 kamar tidur.

news image

Tipe 120

Rumah tipe 120 umumnya dapat Anda temukan di kawasan elit dengan dimensi 10x12 meter atau 8x15. Developer ternama seperti Sinar Mas Land menyediakan tipe hunian ini di kawasan perumahannya. Dengan luas bangunan mencapai 120 meter persegi, rumah model 120 terasa lapang dengan 3 sampai 4 kamar tidur dengan 3 kamar mandi.

Tipe dengan Luas >120

Tipe >120 dapat dikategorikan sebagai hunian mewah dan umumnya dijadikan hunian oleh para eksekutif serta elit. Dengan harga yang fantastis, rumah dengan model luas bangunan lebih dari 120 biasanya sudah dilengkapi dengan taman, gazebo, kolam renang serta parkiran yang luas.

Itulah beberapa tipe rumah berdasarkan luas bangunan. Jadi, tertarik membeli rumah dengan tipe yang mana?

Promo Kado Spesial untuk yang Tersayang

Discover more articles like this