IL Periode 2

Inilah Empat Rahasia BSD Dipercaya Publik

SERPONG, KOMPAS.com - PT Bumi Serpong Damai (BSD) Tbk punya "rahasia" agar produk propertinya, terutama BSD City, supaya terserap pasar dan dipercaya publik. Termasuk berkali-kali mendapatkan anugerah sebagai pengembang terbaik dari lembaga-lembaga tepercaya.

Menurut Direktur PT BSD Tbk., Igneszj Kemalawarta, rahasia tersebut sejatinya merupakan implementasi dari visi dan misi perseroan menjadi pengembang terbaik dalam melayani publik.

"Ada empat hal yang kami utamakan dalam setiap membangun properti, baik komersial, skala kota mandiri, maupun perumahan skala besar," ujar Igneszj kepada Kompas.com, Senin (11/8/2014). 

Empat Faktor yang Menyebabkan BSD Dipercaya Publik

Faktor pertama, kata Igneszj, adalag membangun properti sesuai dengan kebutuhan pasar, baik secara kualitas maupun kuantitas. "Keinginan dan kebutuhan pasar kami akomodasi dengan baik. Kami juga menghitung kondisi pasokan dan permintaan, agar di pasar tidak terjadi over supply dan malah dihindari pasar," imbuhnya.

Faktor kedua adalah dalam proses produksi, PT BSD Tbk selalu memperhatikan sistem produksi yang sudah ditetapkan sebelumnya. Proses produksi berjalan sesuai sistem yang menjamin penyelesaian pembangunan tepat pada waktunya. 

"Kami memiliki metode berjenjang, mulai dari penetapan waktu pembangunan basement, konstruksi struktur hingga serah terima kunci, itu ada proses dan waktunya. Semua kami awasi dengan ketat," tandas Igneszj.

Faktor ketiga, tambah Igneszj, adalah membangun unit kepuasan pelanggan (customer unit). Tak main-main, ini bukan sekadar unit kepuasan pelanggan, melainkan dibuat khusus dan bertanggung jawab langsung terhadap Chief Executive Officer atau pemimpin PT BSD Tbk. 

"Kinerja Kepala Divisi unit ini secara transparan mudah diakses oleh publik dan juga internal perseroan. Kehadiran unit ini memudahkan kami menelusuri setiap jenis keluhan dan ketidakpuasan pelanggan dan progres penyelesaiannya. Semuanya transparan. Jadi kalau ada keluhan yang belum tertangani, akan langsung dapat diketahui oleh CEO," paparnya.

Faktor terakhir adalah peduli lingkungan. Dalam mengembangkan kawasan, PT BSD Tbk, kata Igneszj, selalu memerhatikan pengembangan lingkungan yang tidak sebatas alokasi luas untuk ruang terbuka hijau, melainkan juga mengelola lingkungan sesuai dengan kaidah-kaidahgreen code yang ditetapkan Green Building Council Indonesia (GBCI).

"Mulai dari proses membangun, mengelola limbang konstruksi, menggunakan material bersertifikat hijau, dan juga mendedikasikan kawasan khusus sebagai percontohan green building dan green development. Kami saat ini punya rencana membangun 11 gedung hijau," jelasnya.

Keempat faktor tersebut, tutur Igneszj, yang membuat proyek-proyek PT BSD Tbk senantiasa mendapat apresiasi dari beberapa lembaga tepercaya, termasuk Indocement Awards. "Penghargaan tersebut berpengaruh terhadap "trust" publik dan juga tingkat penjualan proyek-proyek PT BSD Tbk. Citra brand kami menjadi positif dan selalu menjadi sorotan publik," pungkas Igneszj.

IL Periode 2

Discover more articles like this