Mudik

Green Living Lagi Trending?

news image

Saat ini, permasalahan lingkungan masih menjadi sorotan yang perlu diatasi bersama. Selain menimbulkan berbagai jenis penyakit, lingkungan yang rusak juga memiliki potensi untuk membahayakan aktivitas kita sehari-hari. Untuk mengurangi risiko tersebut, penerapan konsep green living tengah menjadi tren yang dapat menjadi solusi terbaik karena memberi banyak manfaat, bukan hanya bagi lingkungan melainkan juga kesehatan makhluk hidup.

Lalu, apa yang dimaksud dengan green living dan bagaimana cara menerapkannya?

Baca Juga: Intip 3 Pusat Kuliner Unik di BSD City!

Mengenal Konsep “Green Living”

news image

Konsep gaya hidup sehat dan berkelanjutan dengan meminimalisir dampak buruk terhadap alam. Meski begitu, green living tak hanya berfokus untuk mengurangi penggunaan plastik maupun kendaraan pribadi, namun juga mencakup berbagai faktor makro yang mengurangi dampak kerusakan lingkungan. Misalnya, menggunakan bahan bangunan yang ramah lingkungan, melakukan penghematan energi, mengatur sistem pengolahan limbah, mulai menggunakan green technology atau teknologi hijau, dan sebagainya.

Baca Juga: Tertarik Investasi Properti? Ini 5 Faktor Penentu Harganya

Cantik & Ramah Lingkungan

Menerapkan green living pada hunian artinya berfokus pada penggunaan bahan bangungan yang berkelanjutan, panel surya untuk melakukan penghematan energi, menerapkan daur ulang, dan menjaga keasrian lingkungan dengan berbagai tanaman hijau. Penghematan ini bukan hanya baik untuk lingkungan, namun juga merupakan investasi terbaik untuk kehidupan jangka panjang.

news image

Selain ramah lingkungan, penerapan green living juga akan mempercantik lingkungan hunian. Hal ini bisa dilakukan dengan pembuatan taman atau garden yang dipenuhi dengan tanaman di sekelilingnya.

Baca Juga: Smart Home System, Andalan Rumah Futuristik Generasi Masa Kini

Cara Menerapkannya

Ada banyak developer yang membangun hunian dengan pendekatan lingkungan dan gaya hidup sehat. Biasanya, rumah dengan konsep ini disebut sebagai eco-house. Lantas, bagaimana cara menciptakan hunian dengan pendekatan eco-house atau green living

Cara paling sederhana untuk menciptakan rumah yang eco-house adalah, dengan membuat sebuah taman di rumah. Memperbanyak tanaman atau membuat area hijau, nyatanya dapat membuat suasana rumah menjadi lebih sejuk dan sehat. Jika lahan terbatas, maka masih bisa Anda siasati menggunakan taman vertikal atau vertical garden.  Kehadiran taman di dalam rumah dapat membantu meningkatkan kualitas udara pada hunian.

Namun, sirkulasi udara yang baik tentu tidak bergantung pada ketersediaan taman saja. Hal itu dapat terwujud dengan ketersediaan jendela yang memadai. Anda harus memperhitungkan jumlah jendela rumah yang akan dibuat, serta pastikan jumlahnya cukup sebagai sirkulasi udara.

Memadai atau tidaknya sirkulasi udara, tentu memberi pengaruh besar kepada konsep green living atau eco house. Selain menciptakan kualitas hidup yang lebih sehat, Anda juga dapat menghemat energi listrik pada hunian.

Anda pun perlu memperhatikan asupan pencahayaan alami ke dalam hunian, khususnya di siang hari. Karena pencahayaan alami dapat menciptakan atmosfer rumah yang lebih hidup dan sehat. Demi menciptakan hunian yang ramah lingkungan, Anda juga harus memperhatikan material yang digunakan. Material alami seperti kayu, bambu, batu bata, atau bebatuan lain bisa dipadukan untuk merancang bangun yang modern

Perpaduan berbagai material alami ini tak hanya ramah lingkungan, tetapi juga dapat mempercantik tampilan hunian.

Baca Juga: 6 Alasan Properti Jadi Pilihan Investasi Masa Kini

Hunian “Hijau” di BSD City

BSD City sebagai kota pintar masa kini memiliki berbagai pilihan hunian hijau dan ramah lingkungan bagi Anda. Sebut saja Terravia, Tanakayu Vasya, dan Hiera BSD City. 

Terravia sebagai cluster terbaru dari Sinar Mas Land dengan konsep green living yang super cantik dan ramah lingkungan. Meski begitu, setiap unitnya dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern yang cocok dijadikan hunian jangka panjang bersama keluarga. 

news image

Sama halnya dengan Terravia, Tanakayu Vasya juga menawarkan hunian ramah lingkungan dan asri. Cluster Tanakayu Vasya BSD sebagai hunian tropical resort, dilengkapi dengan fasilitas modern & sehat, outdoor working space dengan wifi public, jogging track dengan suasana resort dan clubhouse bintang 5 Tanakayu yang dilengkapi fasilitas kolam renang, lounge, gym, production hall, children playground.

news image

Sementara itu, Hiera BSD menjadi township pertama di BSD City yang dibangun dengan konsep canggih lengkap dengan fitur smart home system, namun tetap ramah lingkungan.

Mudik

Discover more articles like this