Dorong Ekonomi Kerakyatan, Sinar Mas Land Gelar Pelatihan UMKM Lagi

news image

BSD City, 17 Mei 2023 – Dalam rangka membangun ekonomi kerakyatan, Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan untuk melakukan pengembangan pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Naik Kelas dan Modernisasi Koperasi. Peran UMKM ini sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia, dengan jumlahnya mencapai 99% dari keseluruhan unit usaha. Untuk mendukung hal tersebut, Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk juga secara konsisten menyelenggarakan berbagai program pelatihan dan pendampingan usaha bagi pelaku UMKM binaan agar mampu berkembang dan bersaing dengan pasar global.

Baca Juga : Sinar Mas Land Gelar Pelatihan Pertanian Ramah Lingkungan kepada Puluhan Petani Binaan

Program ini merupakan bagian dari kegiatan corporate social responsibility (CSR) perusahaan di bidang ekonomi dan saat ini telah memasuki batch ketiga. Pembukaan pelatihan batch ketiga tersebut berlangsung secara daring pada Senin (8/5) lalu dan akan dilanjutkan dengan pelatihan setiap hari Sabtu selama 7 bulan mulai dari Mei-November 2023. Acara ini turut dihadiri oleh Dra. Hj. Nurul Hayati M.Si. (Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang), Drs. H. Warman Syanudin M.M. (Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Tangerang Selatan), Dra. Resmiyati Marningsih, M.Si. (Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tangerang), Dr. H Heru Agus Santoso, AP. M.Si. (Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangerang Selatan), Dra. Ratih Rahmawati, M.M. (Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tangerang), dan Drg. Ellen Hutabarat, M.Si. (Kepala Dinas Pariwisata Kota Tangerang Selatan).

Managing Director President Office Sinar Mas Land – Dony Martadisata mengatakan, “Pelatihan UMKM ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan, agar mereka mampu bergerak mandiri serta bertahan terutama dalam menghadapi dampak pandemi dan pasca pandemi Covid-19. Dengan adanya kegiatan ini, kami harap para pelaku UMKM binaan CSR Sinar Mas Land dapat terus mengeluarkan terobosan yang kreatif dan inovatif sehingga mereka bisa menghadirkan produk-produk bernilai jual tinggi untuk memenuhi permintaan pasar serta dapat memanfaatkan berbagai platform untuk memasarkan produknya secara digital.”

news image

Dari 390 pelaku UMKM yang mendaftar, terseleksi 200 pelaku UMKM yang menjadi partisipan pelatihan dalam batch ketiga tersebut. Dalam pelaksanaannya akan didampingi langsung oleh sejumlah pakar diantaranya Drs. Rujiyanto M.Sn. (untuk topik Branding), Dra. Endang Retno Wardhani MBA., PhD., CHt. (untuk topik Literasi Keuangan dan Kualitas Produk), dan Martinus Fieser Sitinjak, S.E., M.M. (untuk topik Model Manajemen UMKM dan Strategi Bisnis).

Pelatihan UMKM tersebut merupakan bagian dari rangkaian Program SML (Small Medium Large) UMKM Centre yang diinisiasi oleh CSR & Green Initiative Division Sinar Mas Land sejak Februari 2021. Program itu akan memberikan fasilitas yang komprehensif untuk pemenuhan kebutuhan pelatihan, pengembangan usaha, dan pemasaran produk UMKM.

Promo Kado Spesial untuk yang Tersayang

Discover more articles like this