Mudik

Digital Hub Bersama KUMPUL.ID Luncurkan Acara DNA Accelerate

news image

BSD City, 1 Agustus 2023 – BSD City's Digital Hub, yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land, telah membangun reputasi yang kuat sebagai tempat bagi beragam perusahaan dan unicorn di industri teknologi digital. Lebih dari sekadar lokasi dan fasilitas, komitmen perusahaan juga merangkul peran aktif dalam mendukung pertumbuhan startup teknologi yang menjanjikan di Indonesia. Di samping penyediaan infrastruktur, Digital Hub secara terus-menerus mendorong kampanye aksi bernama Digital Hub Next Action (DNA) accelerate, yang mencakup berbagai program kolaborasi dengan lembaga pendidikan dan program akselerasi untuk memajukan startup karya anak bangsa.

Baca juga : Dukung Digitalisasi, Digital Hub-KUMPUL.ID Gelar DNA Demoweek

Kerja Sama Sinar Mas Land dan KUMPUL.ID untuk Acara DNA Accelerate

Kerjasama antara Sinar Mas Land dan KUMPUL.ID terwujud dalam penyelenggaraan DNA Accelerate. Sekitar ratusan startup telah mendaftar dan hanya akan terpilih 10 startup terbaik dengen seleksi yang sangat ketat. Para finalis akan memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan empat perusahaan modal ventura dan lebih dari empat puluh ahli dari mitra bisnis global dalam acara ini. Tidak hanya itu, Monash University juga akan memberikan sesi mentoring yang meliputi growth strategy, business development, dan operations & scalability pada acara DNA Accelerate.

Program DNA Accelerate bertujuan untuk mendukung percepatan startup yang memiliki tim berkualitas, analisis pasar yang tepat, dan model bisnis yang jelas. Dalam rangkaian program ini, pendampingan akan dilakukan melalui serangkaian workshop dengan berbagai topik seperti Founder’s Lab, Product & Market, People & Culture, Value Creation & Revenue, Financial & Cashflow, serta Fundraising.

Dalam tahap awal seleksi, juri akan menilai berdasarkan beberapa kriteria, termasuk Problem & Solution, Business Model, dan SCRIN Score. Di tahap final, peserta akan diuji berdasarkan kemampuan mereka dalam menghasilkan Growth & Revenue, Skalabilitas Produk, dan Potensi Investasi.

Program DNA Accelerate dimulai pada pertengahan Juni 2023 dengan pengumpulan proposal startup, webinar, dan sesi informasi. Tahap penilaian dilakukan pada bulan Juli, yang memilih 10 finalis dari ratusan pendaftar dan diumumkan saat kick-off serta onboarding hari ini. Para finalis terpilih akan mendapatkan sesi mentoring dengan tiga topik yang berbeda mulai dari Agustus hingga penilaian akhir atau presentasi final yang dijadwalkan pada 29 September mendatang.

Kapan Acara DNA Accelerate Diselenggarakan?

Pada hari ini (1/8), kick-off DNA Accelerate berlangsung di Auditorium Green Office Park (GOP) 9, BSD City. Acara dimulai dengan sambutan dari Irawan Harahap (CEO Digital Technology Ecosystem & Development Sinar Mas Land) dan Samuel Abrijani Pangerapan (Direktur Aplikasi Informatika – Kementerian Komunikasi dan Informatika). Acara tersebut juga melibatkan sesi diskusi dengan tema "Humanizing Technology: How Technology Shapes Society", yang melibatkan narasumber seperti Amalia Aini (Chief Business & Ecosystem Kumpul), Abdul Qifli (Co-Founder & CTO Jojonomic), Rama Notowidigdo (Co-Founder AwanTunai), dan Cindy Ozzie (Co-Founder & CMO Pasarnow).

news image

Direktur Aptika – Kekominfo, Semuel Abrijani Pangerapan menyampaikan, “Saat ini, Indonesia telah menjadi tempat bagi perkembangan perusahaan rintisan yang bergerak di berbagai bidang. Oleh karena itu, pemerintah melalui Kominfo terus berupaya untuk mendukung pertumbuhan startup potensial nasional dengan mengembangkan ekosistem digital mulai dari merumuskan regulasi yang mampu beradaptasi dengan pertumbuhan industri digital, pengembangan infrastruktur teknologi, hingga pelatihan bagi tenaga kerja di bidang digital. Pada hari ini, kami sangat mengapresiasi langkah Sinar Mas Land bersama KUMPUL.ID yang sudah menyelenggarakan acara DNA Accelerate. Semoga dengan dukungan dari seluruh pihak ditambah dengan semangat kewirausahaan digital serta inovasi dari para startup ini dapat mewujudkan kemajuan dan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.”

CEO Digital Tech Ecosystem & Development – Sinar Mas Land, Irawan Harahap menjelaskan, “DNA Accelerate merupakan wadah yang kami buat untuk mempertemukan komunitas startup dengan perusahaan ternama yang berada di dalam ekosistem digital Sinar Mas Land untuk belajar maupun menerima pendanaan. Kami harap startup potensial yang masuk ke shortlist DNA Accelerate bisa menyerap banyak pembelajaran dari acara ini, sehingga bersama kita bisa memajukan ekonomi digital Indonesia secara signifikan.”

Mudik

Discover more articles like this