Mudik

Cicipi Menu China dengan Cita Rasa Singapura

JAKARTA - Pengaruh masakan China di Asia memberikan pencampuran kuliner yang menarik. Termasuk untuk masyarakat China di Singapura yang kemudian memberi tambahan bumbu ciri khas berbeda pada cita rasanya.

Mencoba salah satu restoran terkenal asal Singapura yang mengambil masakan China sebagai signature dishes unggulan, bisa memberikan gambaran bagaimana paduan kuliner bisa memberi keunikan sajiannya.

Ya! Di Wee Nam Kee, restoran yang sudah punya pamor di Singapura. Tanpa harus jauh-jauh ke luar negeri, penggemar masakan China ala Singapura itu juga punya 3 cabang di Indonesia. Restoran yang sudah berdiri sejak tahun 1989 itu, setelah membuka 4 outlet di Singapura, kemudian berekspansi ke beberapa negara, termasuk Jepang, Filipina, dan Korea. 

Nah yang membuat berbeda dan disukai adalah resepnya langsung dari keluarga Wee, pemilik restoran. Untuk menjaga kualitas, seperti restoran yang ada di Singapura, meski Wee Nam Kee mengambil chef yang berasal dari Indonesia, semuanya sudah mengikuti training di Wee Nam Kee Singapura. 

Dengan begitu, resep autentik dari Pak Wee tetap terjaga dan rasa makanan yang disajikan sama dengan yang ada di sana. Saat berkunjung, KORAN SINDO memesan nasi ayam hainan sebagai andalan menu. 

Merupakan irisan ayam rebus atau roasted yang lembut, disajikan bersama irisan mentimun, dengan semangkuk nasi berwarna kecokelatan dan saus sambal atau saus jahe bawang, serta didampingi semangkuk kuah kaldu ayam hangat. Roasted chicken termasuk favorit di sini sehingga sangat direkomendasikan untuk mencobanya. 

Dalam piring putih, ada ayam panggang yang cukup banyak dengan saus berwarna cokelat pekat. Daun ketumbar jadi topping di atas ayam. Daging ayam terasa empuk dengan kulit yang renyah. Begitu sedap dimakan bersama saus kecokelatan. Saus itu terasa kecap dengan rasa manis gurih dan seperti sedikit rasa segar jeruk nipis. 

Tak ketinggalan ada aroma ketumbar yang menyeruak. Di dalam saus juga terdapat irisan timun renyah yang memberi kesegaran. Ayam panggang sempurna disuap dengan nasi hainan yang wangi.

“Nasi hainan kami adalah nasi yang dimasak secara autentik berdasar resep Pak Wee. Resepnya berbeda dibanding resto lain, dengan tingkat kegurihan lebih tinggi,” kata Nurul Hasanah, Sales And Marketing Department Head Sinarmas Land, perusahaan yang membawahi Wee Nam Kee. Hidangan lain yang tak kalah menarik adalah prawn rolls in beancurd skin . 

Hidangan ini mirip seperti cakwe, dengan isian udang cincang. Tak heran, hidangan ini juga menjadi salah satu yang favorit untuk menu pembuka. Kemudian masih ada menu tofu hotplate dan fish with chilli sauce. Untuk penyuka hidangan laut, di sini juga direkomendasikan memesan cereal prawn yang garing dan gurih, masih cocok dengan pendamping nasi hainan. 

Semua hidangan, rasanya sangat cocok dengan lidah orang Indonesia dan seluruh anggota keluarga, yang pada dasarnya menggemari hidangan penuh bumbu serta gurih. Penasaran ingin mencoba? Langsung saja datang ke Wee Nam Kee yang ada di The Breeze kawasan BSD, Grand Indonesia Shopping Mall, dan Mall Kota Kasablanka dengan jam buka seperti mal. Harga makanan mulai Rp50.000 dan rata-rata per orang akan menghabiskan sekitar Rp150.000. (Dyah Ayu Pamela) 

Mudik

Discover more articles like this