Mudik

Cari Bibit Unggul, Kejuaraan Sepeda Gunung Segera Digelar

VIVA.co.id - Kejuaraan olahraga sepeda gunung bakal di Sirkuit Taman Kota 2, BSD City, Sabtu dan Minggu, 9-10 Mei 2015. Acara ini bertajuk MTB XC Open Championship 2015 dan mengusung tema Komitmen dalam Pembinaan dan Pengembangan Prestasi Atlet Sepeda Gunung.

Acara ini diselenggarakan oleh Universitas Budi Luhur, yang bekerja sama dengan Komunitas JPG Mountain Bike, ISSI Tangsel, dan Sinarmas Land. Ketua Pengurus Yayasan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro mengungkapkan tujuan diselenggarakannya event ini.

"Universitas Budi Luhur berkomitmen untuk mendukung perkembangan olahraga nasional, khususnya di cabang balap sepeda gunung, dan berharap melalui kejuaraan ini mampu melahirkan bibit pembalap baru yang berkualitas dan mampu berprestasi di kancah nasional maupun internasional," kata Kasih dalam rilis yang diterima VIVA.co.id.

"Kejuaraan ini diadakan bagi para pecinta mountain bike khususnya XC (cross country) untuk menunjukan kemampuan para atlet serta mendukung dalam pembibitan serta pembinaan prestasi balap untuk para generasi muda," tambahnya.

Komunitas JPG Mountain Bike Park ingin menunjukkan komitmen terhadap prestasi pembalap MTB XC Indonesia. Hal ini diungkapkan Pangeran Ilham Baron selaku ketua JPG.

"Kali ini kami ingin fokus pada prestasi para atlet serta penghobi di kancah balap MTB, sehingga kami juga akan mengakomodir para penghobi sepeda gunung dari aliran sepeda full suspension," kata Ilham.

Lomba balap sepeda cross country kali ini memperebutkan hadiah dengan nilai total sebesar Rp63 juta. Pada kejuaraan ini, yang akan diperlombakan adalah kelas: Men Elite, Women Elite/Open, Man Senior Open (19 tahun - 30 tahun), Man Master Expert (31 tahun - 48 tahun), Master A (31 tahun -39 tahun), Master B (40 tahun - 48 tahun), Man Veteran (49 tahun ke atas), Man Junior (14 tahun -18 tahun), Full Suspension Man Open (31 tahun ke atas).

Selain hadiah uang tunai, para pembalap yang berhasil naik podium juga akan mendapatkan hadiah berupa produk dari para sponsor serta beasiswa dari Universitas Budi Luhur khusus untuk kelas Man Junior. Untuk kategori kelas Man Elite/atlet tidak dipungut biaya pendaftaran.

“Trek Taman Kota 2  sepanjang 3,52 kilometer yang digunakan sebagai arena balap  dibuat oleh FLAGPEAK Racing System merupakan track Cross Country dengan kategori technical namun tidak melupakan hal yang utama yaitu safety untuk semua peserta, dimana rute dan karakter track telah disesuaikan dengan karakter sepeda tersebut," ungkap Ilham.

Mudik

Discover more articles like this