Mudik

Apa itu Rumah Ramah Lingkungan dan Ciri-Cirinya

news image

Rumah ramah lingkungan adalah rumah yang dirancang dan dibangun dengan memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan alam. Ini termasuk mempertimbangkan berbagai aspek seperti penggunaan sumber daya alam yang efisien, pengurangan limbah, dan penggunaan teknologi yang ramah lingkungan. 

Ciri-Ciri Rumah Ramah Lingkungan

Rumah ramah lingkungan adalah rumah yang dirancang dan dibangun dengan konsep sustainability dan green living. Rumah ini tentunya mengutamakan pemanfaatan sumber daya alam yang efisien, penggunaan listrik dengan panel surya, pengurangan jumlah limbah rumah seperti plastik, dan masih banyak lainnya. Oleh karena itu, berikut ini beberapa ciri rumah ramah lingkungan yang ada di Indonesia.

Baca Juga: 7 Alasan Pentingnya Tanaman Hias Depan Rumah

Desain Berkelanjutan

Rumah tersebut dirancang untuk memaksimalkan penggunaan cahaya alami, ventilasi alami, dan memanfaatkan energi matahari untuk pemanasan dan pencahayaan.

Material Ramah Lingkungan

Penggunaan material bangunan yang dapat didaur ulang atau terbuat dari bahan-bahan alami yang ramah lingkungan, seperti kayu dari hutan yang dikelola secara berkelanjutan, bahan daur ulang, atau bahan bangunan yang meminimalkan jejak karbon.

news image

Efisiensi Energi

Rumah tersebut dilengkapi dengan teknologi dan peralatan yang hemat energi, seperti lampu LED, perangkat elektronik berkelas energi tinggi, dan sistem pemanas air yang efisien.

Pengelolaan Limbah

Rumah tersebut menerapkan sistem pengelolaan limbah yang efektif, termasuk daur ulang sampah dan penggunaan toilet ramah lingkungan seperti toilet dengan sistem pembilasan rendah air.

Taman dan Lanskap

Rumah tersebut mungkin memiliki taman yang dikelola dengan baik dan area lanskap yang memanfaatkan tanaman lokal yang tahan kekeringan untuk mengurangi kebutuhan air dan pemeliharaan.

Penggunaan Sumber Daya

Rumah tersebut dibangun dengan mempertimbangkan penggunaan air yang hemat, termasuk penggunaan perangkat penyaring air dan perangkat yang mengurangi konsumsi air seperti keran air rendah aliran.

news image

Isolasi Termal

Rumah tersebut dirancang dengan sistem isolasi yang baik untuk meminimalkan kebocoran udara dan meningkatkan efisiensi energi dalam pemanasan dan pendinginan. Rumah ramah lingkungan tidak hanya menguntungkan lingkungan alam, tetapi juga dapat mengurangi biaya operasional jangka panjang bagi pemilik rumah dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan nyaman untuk dihuni.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Perumahan di BSD dengan Fasilitas Terbaik

BSD City sebagai kota pintar masa kini memiliki berbagai pilihan hunian hijau dan ramah lingkungan bagi Anda. Sebut saja Terravia, Tanakayu Vasya, dan Hiera BSD City.  Terravia mengusung konsep green living yang super cantik dan ramah lingkungan. Meski begitu, setiap unitnya dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern yang cocok dijadikan hunian jangka panjang bersama keluarga.

Mudik

Discover more articles like this