Kenali Istilah-Istilah Penting dalam Properti yang Wajib Anda Ketahui

Pembelian properti tentu tidak lepas dari berbagai jenis pembayaran yang digunakan. Salah satu istilah yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk melakukan pembelian properti adalah KPR. Meski begitu, terdapat berbagai istilah lain yang sering digunakan untuk melakukan pembayaran dalam transaksi pembelian properti.

Berikut merupakan 3 istilah yang juga sering digunakan untuk melakukan pembayaran di dunia properti, bahkan umum digunakan dalam dunia finansial.

Baca Juga: Nyicil Beli Rumah dengan KPR? Simak Penjelasannya!

KPR Express

Merupakan bentuk fasilitas pemberian pinjaman pembelian properti yang dipermudah dan lebih cepat. Fasilitas ini memberikan kemudahan kepada konsumen dalam mengurus berbagai dokumen yang dibutuhkan. Ada juga beberapa developer atau pengembang dan bank yang menerapkan keringanan pembayaran uang muka atau DP serta persetujuan instan.

Umumnya, program KPR Express ditujukan kepada konsumen baru suatu developer atau konsumen yang telah melakukan cicilan DP sebelumnya serta pembayaran tunai bertahap dalam kurun waktu kurang dari 12 bulan.

Installment

Merupakan metode pembayaran hunian yang dilakukan secara bertahap (cicilan). Metode pembayaran ini biasanya difasilitasi oleh pihak bank yang dipilih oleh setiap konsumen. Istilah ini tidak asing lagi dalam dunia finansial, terutama pembayaran properti. Perbedaan Installment loan dengan pinjaman lainnya, yakni memiliki jangka waktu pembayaran yang lebih fleksibel.

Umumnya, terdapat beberapa jenis installment loan yang bisa Anda coba gunakan, yaitu personal installment loan, auto loan, education installment loan, home installment loan, dan gadget financing.

Baca Juga: 4 Keuntungan Investasi Tanah Kavling untuk Jangka Panjang

Hard Cash

Metode pembayaran pembelian hunian secara cash (lunas) setelah kesepakatan pembelian dilakukan oleh konsumen dengan penjual sehingga konsumen langsung dapat memiliki properti tersebut. Metode pembayaran ini tentu sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki dana atau tabungan dengan jumlah yang besar.

Beberapa keuntungan menggunakan metode pembayaran ini yakni, tidak memiliki cicilan atau utang dalam jangka waktu yang panjang, harga properti lebih murah karena tidak memiliki bunga, proses pembelian dilakukan dengan lebih cepat, rumah bisa dijadikan sebagai jaminan.

3 istilah ini sering digunakan dalam pembayaran di dunia properti, sehingga penting bagi Anda untuk memahaminya. Jadi, tertarik menggunakan jenis pembayaran yang mana untuk membeli properti idaman masa kini?

Discover more articles like this