AEON Mall Targetkan 12 Juta Pengunjung

TANGERANG - Mal bernuansa Jepang pertama di Indonesia, AEON Mall BSD City, resmi dibuka di pusat bisnis BSD City Tangerang. Mal ini merupakan joint venture antara peritel raksasa Jepang, AEON Group, dan pengembang properti di Indonesia, Sinar Mas Land, melalui PT AMSL Indonesia. 

Managing Director AEON ASIA SDN BHD Shinobu Washizawa mengatakan, hingga kini AEON Grup telah beroperasi di 12 negara. Di antaranya Jepang, China, Hong Kong, Korea Selatan, Taiwan, Filipina, India, Vietnam, Kamboja, Thailand, Malaysia, dan Indonesia. 

”Indonesia merupakan negara keenam yang beroperasi di Asia Tenggara. Tahun lalu sudah buka di Vietnam dan Kamboja dengan target pengunjung sudah mencapai target 3 juta orang dalam tiga bulan. Di Indonesia ditargetkan 12 juta pengunjung per tahun,” sebutnya pada konferensi pers setelah pembukaan AEON Mall BSD City, Tangerang, Sabtu (30/5). 

Menurutnya, alasan pembangunan mal ini di Jabodetabek karena populasinya sangat tinggi. ”Jakarta dan sekitarnya terjadi pertumbuhan populasi yang sangat pesat untuk kalangan menengah. Target kami adalah keluarga muda usia berkisar 30-an di mana mereka lebih menyisihkan uang untuk memenuhi kebutuhan mereka,” ungkapnya. 

President Grup CEO AEON Co Ltd Motoya Okada mengatakan, AEON memilih Tangerang karena berada di pinggir kota. Begitu pula dengan konsepnya ketika membangun pusat belanja di negara lain yang juga berada di pinggir kota. ”Kita memilih lokasi di Jabodetabek, terutama di daerah pinggiran kota, karena kita melihat banyaknya kelas menengah berkembang sangat pesat di sini. Tidak hanya di Indonesia, di negara lain pun begitu,” ucapnya. 

Dia melanjutkan, pertumbuhan kelas menengah yang sangat pesat ini mempunyai gaya hidup yang berbeda dengan orang tua mereka. Keluarga muda ini membutuhkan barang-barang tertentu untuk memenuhi kebutuhannya. ”Sebenarnya kita tidak hanya menargetkan kelas menengah, melihat pertumbuhan di Indonesia sangat pesat,” ungkapnya. 

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang relatif tinggi memicunya tertarik untuk menanamkan modalnya di Indonesia. ”Selain itu, kami dengar barang elektronik yang kena PPnBM saat ini sudah dihapus sehingga kebutuhan tersebut semakin banyak dan itu yang kita coba penuhi,” ungkapnya. 

Dia menambahkan, pemilihan lokasi pertama ini tidak terlepas dari kerja sama dengan Sinar Mas Land. ”Kami sangat mendukung konsep Sinar Mas Grup yang ingin mengembangkan daerah ini. Kami merencanakan pengembangan mal berikutnya dua tahun lagi. Setelah itu akan ada mal ketiga, keempat, dan seterusnya,” tuturnya. 

Gubernur Banten Rano Karno menyatakan terima kasihnya karena daerahnya dipilih menjadi tempat berdirinya mal ini. ”Jepang adalah peringkat kedua terbesar negara yang menanamkan investasinya di Indonesia. Kami sangat berterima kasih karena dipilih pertama (AEON) di Banten. Sekaligus saya lihat juga pengembangan UKM-nya juga diberikan tempat,” tutur pemeran sinetron Si Doel Anak Sekolahan itu. 

Kehadiran AEON Mall BSD City ini tentu akan menambah jumlah pusat perbelanjaan yang ada di Banten, khususnya di Kabupaten Tangerang. ”Saya senang dengan telah diresmikannya AEON Mall ini karena menambah pilihan bagi masyarakat yang ingin berbelanja dan rekreasi,” ungkap Rano. 

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, kehadiran AEON Mall ini diharapkan bisa meningkatkan perekonomian di Kabupaten Tangerang. ”Saya berharap kehadiran AEON Mall di Kabupaten Tangerang ini bisa membuat masyarakat sekitar bisa lebih sejahtera dengan bekerja di AEON Mall ini,” harap Zaki. 

Pusat perbelanjaan ini langsung mencuri perhatian pengunjung. Hal itu setidaknya terlihat sesaat setelah resmi dibuka. Tampak kepadatan di dalam mal tersebut sangat terasa, bahkan banyak pengunjung yang tidak mendapatkan lokasi parkir. ”Sejak dibuka langsung ramai. Kita juga diminta sediakan lahan kosong untuk parkir sementara,” ujar Head of Corporate Communication Sinarmas Land Panji Himawan. 

Seorang pengunjung Indra Ramadhan mengatakan, dirinya mengetahui AEON hari ini akan dibuka seusai membaca berita. ”Jelas saya penasaran, saya bawa keluarga. Karena katanya kan unik ya serba- Jepang banget,” kata warga BSD tersebut. 

Setelah melihat langsung, Indra mengakui memang ada ciri khas khusus pada AEON yang tak bisa disamakan dengan pusat perbelanjaan lain. ”Banyak orang Jepang di sini, terus bangunan, serta serbaserbi Jepang juga ada di sini seperti bunga sakura dan yang lainnya,” cetusnya. 

Oktiani endarwati/ Denny irawan 

Promo Kado Spesial untuk yang Tersayang

Discover more articles like this