6 Alasan Properti Jadi Pilihan Investasi Masa Kini

news image

Investasi menjadi salah satu bentuk untuk merencanakan anggaran keuangan seseorang, termasuk meraih keuntungan di masa depan. Ada banyak cara melakukan investasi dan sektor industri yang mendukung, Salah satu investasi jangka panjang yang bisa menjadi pilihan terbaik masa kini adalah investasi properti.

Baca Juga: Abadikan Momen di 3 Photo Booth Ala Korea Ini, Yuk!

Berikut merupakan beberapa alasan mengapa properti bisa menjadi pilihan tepat untuk melakukan investasi!

1. Bisnis Properti Selalu Dibutuhkan

news image

Semua orang pasti membutuhkan properti, baik berbentuk tanah, rumah, ruko, maupun bentuk properti lainnya. Salah satu contohnya, yakni rumah hunian dan ruko untuk bisnis. Setiap orang tentu membutuhkan tempat tinggal, dan hal itu mendorong peningkatan akan kebutuhan jumlah rumah, terutama mereka yang berdomisili di kota-kota besar. Sama halnya dengan ruko, banyak orang yang menggunakan ruko untuk menjalankan berbagai jenis bisnis, mulai dari kuliner, otomotif, pendidikan, dan sebagainya.

Pergerakan ekonomi yang melaju, melambat maupun stabil tidak terlalu berdampak pada kebutuhan akan properti, karena semua orang membutuhkannya, terutama hunian rumah. Oleh karena itu, bisnis properti selalu dibutuhkan.

Baca juga: Tertarik Investasi Properti? Cek Pilihannya Disini!

2. Investasi Jangka Panjang

news image

Sebagai bentuk aset masa depan, investasi properti termasuk salah satu bentuk investasi jangka panjang. Properti seringkali dianggap aman dari gerusan krisis karena harga yang terus mengalami peningkatan pesat atau stabil setiap tahunnya. Investasi jangka panjang di bidang properti juga memiliki potensi yang menjanjikan keuntungan menarik di masa depan karena kebutuhannya yang semakin meningkat pula.

Baca juga: Bingung Akhir Pekan Mau Kemana? Cek Rekomendasi Ini Aja!

3. Harga Mengalami Peningkatan

news image

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kebutuhan akan aset properti kian melonjak tiap tahunnya. Selain didorong oleh pertumbuhan penduduk, properti turut menjadi pendukung gaya hidup yang terus berkembang di masa depan. Harga properti yang kerap mengalami peningkatan dipengaruhi oleh setidaknya 2 hal, yaitu inflasi dan demand (permintaan) pasar yang meningkat. Hal inilah yang menyebabkan properti menjadi investasi yang stabil dan menguntungkan.

Baca juga: Pemandangan Asri, Ini Tempat Jogging Favorit Warga BSD City!

4. Dapat Digunakan Sebagai Passive Income

news image

Investasi properti bisa menghasilkan 2 keuntungan, yakni sebagai investasi jangka panjang atau bisa digunakan sebagai sumber passive income. Sebenarnya, apa itu passive income?

Passive income merupakan pemasukan yang dihasilkan secara tidak langsung atau dengan melakukan aktivitas yang minim. Dengan melakukan investasi properti, Anda dapat menyewakannya pada orang lain. Misalnya, properti yang diinvestasikan berbentuk rumah, maka hunian tersebut bisa disewakan ke orang lain untuk dijadikan tempat tinggal. Jika investasi yang ada berbentuk ruko, bisa dijadikan tempat usaha sendiri maupun disewa untuk bisnis orang lain.

Baca juga: Latih Kemampuan Data dan Digital Melalui 3 Pelatihan Ini!

5. Capital Gain yang Tinggi

news image

Capital gain merupakan keuntungan yang diperoleh seseorang dari penjualan properti, dimana harga jual tersebut lebih tinggi daripada harga membelinya. Ketika ingin menjual properti kembali, harga yang didapat bisa sangat menguntungkan karena memiliki capital gain yang besar. Alasannya, terdapat kenaikan harga yang cukup tinggi saat nanti Anda akan menjualnya, Hal ini belum termasuk faktor lain, seperti lokasi yang strategis, mudahnya akses atau faktor lainnya. 

Baca juga: Sinar Mas Land Wujudkan Minat Konsumen Buka Kawasan Hunian Baru

6. Investor Menguasai Properti yang Dimiliki

news image

Salah satu perbedaan utama dari investasi jangka panjang sektor properti dibandingkan investasi lainnya adalah bentuk objek yang menjadi investasi. Umumnya, produk investasi merupakan suntikan dana dari satu pihak ke pihak lain melalui badan atau beberapa orang sebagai pengelola. Dengan kata lain, investor tidak memiliki kendali penuh untuk menguasai dana yang dikeluarkan. 

Berbeda dengan investasi dalam sektor properti, di mana orang yang memiliki investasi atau mengalokasikan dana untuk membeli properti bisa memegang kendali penuh akan objek yang dibeli, kemudian memikirkan berbagai langkah untuk potensi keuntungan.

Nah, itulah beberapa alasan yang bisa menjadi bentuk pertimbangan bagi Anda untuk melakukan investasi di sektor properti. Investasi tersebut memiliki potensi yang menjanjikan dan menarik untuk masa depan. Selain nilainya yang akan terus mengalami peningkatan, posisi, lokasi, dan infrastruktur yang memadai juga bisa memberikan keuntungan lebih bagi Anda. 

Ada beragam pilihan properti yang bisa diinvestasikan, seperti tanah kavling, rumah, apartemen, ruko, dan sebagainya. Jika tertarik untuk melakukan investasi properti, pastikan pilih developer terpecaya dan silahkan mempersiapkannya sejak dini untuk hasil yang maksimal.

Jadi, sudah siap untuk melakukan investasi properti?

Promo Kado Spesial untuk yang Tersayang

Discover more articles like this